VISI, MISI DAN TUJUAN SLB DHARMA RENA RING PUTRA 1 TAHUN 2020/2021
A. Visi Sekolah
BERTAQWA , MANDIRI dan BERBUDAYA
Dengan indikator :
- Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual sedang mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
- Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual sedang Memiliki kemampuan untuk menolong diri sendiri dan bersosialisasi dengan masyarakat
- Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual ringan dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
- Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual sedang memiliki kepribadian yang baik
B. Misi
- Menanamkan akidah melalui pengamalan ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari.
- Menanamka sikap toleransi dan kerja sama antar umat beragama
- Merayakan hari besar agama
- Mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang berbasais Lingkungan,Kearifan Lokal dan ICT untuk mencapai pembelajaran yang efektif .
- Mengembangkan sarana prasarana sekolah yang memenuhi standar pelayanan minimal.
- Mengoptimalkan Pembeajaan Pengembangan Diri
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui uji sertifikasi, peningkatan kualifikasi, mengikuti diklat, dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya.
- Mengembangkan kreativitas, bakat dan minat peserta didik serta memupuk rasa percaya diri melalui penddkan kerampilan
- Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahaan dan pengembangan diri yang terprogram dan berkesinambungan
- Mengembangkan nilai-nilai luhur yang bersumber pada adat istiadat setempat
- Memiliki akhlak mulia dan budi pekerti yang luhur.
- Menanamkan norma – norma dalam kehidupan sehari –hari
- Bekerjasama dengan berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah
C. Tujuan 4 Tahun Mendatang
- Tersedianya ruang dankebutuhan peralatan pengembangan diri yang refresentatif sesuai dengan kekhususan peserta didik.
- Tersedianya sarana dan prasarana ibadah
- Terselenggaranya peningkatan mutu guru program berkebutuhan khusus.
- Efektifitas pembelajaran ketrampilan pilihan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik
- Adanya MOU dengan instansi terkait, orgaisasi kemasyarakatan, dan dunia usaha/ industri
- Tersedianya ruang dan perlengkapan ketrampilan sesuai dengan jenis ketrampilan yang dikembangkan
- Tersedianya showroom sebagai tempat pameran dan tempat penjualan hasil-hasil pembelajaran keterampilan yang dapat dikunjungi oleh masyarakat.
- Teselenggaranya magang bagi peserta didik SMALB bekerjasama dengan dunia usaha dan industri.
- Tersedianya 2 guru orang ketrampilan sesuai dengan jenis ketrampilan yang dikembangkan, 1 orang guru agama dan ,1 Guru Olahraga,
- Alumni SMALB yang terkategori hambatan intelektul ringan dapat bekerja di dunia usaha/industri atau berwirausaha.
- Semua guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, metode dan media pembelajaran untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien
- erselenggaranya kegiatan pembinaan prestasi non akademik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler
- Semua guru dapat mengembangkan dimensi, elemen Profil Pelajar Pancasila melalui intrakurikuler, ekstrakurikuler, budaya sekolah.
- Terselenggaranya kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila secara efektif dan efisien
- Memiliki sistem informasi manajemen berbasis teknologi, informasi dan komunikasi sebagai perwujudan keterbukaan, akuntabilitas publik, kemandirian, kemitraan dan partisipasi