SLB C1 Dharma Rena Ring Putra 1

Visi dan Misi

 

VISI, MISI DAN TUJUAN SLB DHARMA RENA RING PUTRA 1 TAHUN 2020/2021

A. Visi Sekolah

BERTAQWA ,  MANDIRI dan BERBUDAYA

    Dengan indikator :

  1. Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual sedang mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual sedang Memiliki kemampuan untuk menolong diri sendiri  dan bersosialisasi dengan masyarakat
  3. Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual ringan dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
  4. Bagi peserta didik dengan hambatan intelektual sedang memiliki kepribadian yang baik

B. Misi

  1. Menanamkan akidah melalui pengamalan ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menanamka sikap toleransi dan kerja sama antar umat beragama
  3. Merayakan hari besar agama
  4. Mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang berbasais Lingkungan,Kearifan Lokal dan ICT untuk mencapai pembelajaran yang efektif .
  5. Mengembangkan sarana prasarana sekolah yang memenuhi standar pelayanan minimal.
  6. Mengoptimalkan Pembeajaan Pengembangan  Diri
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui uji sertifikasi, peningkatan  kualifikasi,  mengikuti  diklat, dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya.
  8. Mengembangkan kreativitas, bakat dan minat peserta didik serta memupuk rasa percaya diri melalui penddkan kerampilan
  9. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan kewirausahaan dan pengembangan diri yang terprogram dan berkesinambungan
  10. Mengembangkan nilai-nilai luhur yang bersumber pada adat istiadat setempat
  11. Memiliki akhlak  mulia dan budi pekerti yang luhur.
  12. Menanamkan norma – norma dalam kehidupan sehari –hari
  13. Bekerjasama dengan berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah

C. Tujuan 4 Tahun Mendatang

  1. Tersedianya ruang dankebutuhan peralatan pengembangan diri  yang refresentatif  sesuai dengan kekhususan peserta didik.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana ibadah
  3. Terselenggaranya peningkatan mutu guru program berkebutuhan khusus.
  4. Efektifitas pembelajaran ketrampilan pilihan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik
  5. Adanya MOU dengan instansi terkait, orgaisasi kemasyarakatan, dan dunia usaha/ industri
  6. Tersedianya ruang dan perlengkapan ketrampilan sesuai dengan jenis ketrampilan yang dikembangkan
  7. Tersedianya showroom sebagai tempat pameran dan tempat penjualan hasil-hasil pembelajaran keterampilan yang dapat dikunjungi oleh masyarakat.
  8. Teselenggaranya magang bagi peserta didik SMALB bekerjasama dengan dunia usaha dan industri.
  9. Tersedianya 2 guru orang ketrampilan sesuai dengan jenis ketrampilan yang dikembangkan, 1 orang  guru agama dan ,1 Guru Olahraga,
  10. Alumni SMALB yang terkategori hambatan intelektul ringan dapat bekerja di dunia usaha/industri atau berwirausaha.
  11. Semua guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, metode dan media pembelajaran untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien
  12. erselenggaranya kegiatan pembinaan prestasi non akademik melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler
  13. Semua guru dapat mengembangkan dimensi, elemen Profil Pelajar Pancasila melalui intrakurikuler, ekstrakurikuler, budaya sekolah.
  14. Terselenggaranya kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila secara efektif dan efisien
  15. Memiliki sistem informasi manajemen berbasis teknologi, informasi dan komunikasi sebagai perwujudan keterbukaan, akuntabilitas publik, kemandirian, kemitraan dan partisipasi
  16.